Awal Muasal

“Kepak Garuda mulainya dari kapan sih? Ikut-ikutan Indonesia Unite gitu ya?”

Pernah ada email yang masuk ke kami menanyakan hal itu. Karena itu tidak ada salahnya kami menuliskan asal muasal Kepak Garuda hadir di dunia maya.

Akhir Februari 2009
Danu Widhyatmoko terinspirasi saat melihat tutorial menggambar yang dibuat oleh Tytton Sishertanto di blog-nya (www.tytton.wordpress.com). Di tutorial tersebut divisualkan Tim Nasional PSSI dengan semangat yang kental. Lalu terpikir, wah seru juga kalo visual seperti itu dikemas menjadi wallpaper desktop lalu dibagikan secara gratis sebagai visual inspirasi.

Lalu menghubungi Sarie Febriane untuk mendiskusikan tokoh-tokoh yang kiranya tepat sebagai inspirasi. Sekian daftar tokoh disusun, didiskusikan lalu dipilih dengan sekian argumentasi dan pertimbangan. Salah satu sms diskusi dari Sarie itu tertanggal 25 Maret 2009, “Yg baru kebayang di gw: umar kayam, nurcholish, mbah marijan, romo mangun, marsinah, ignas kleden, yayuk basuki, munir…” — dan ternyata hingga hari ini belum satupun tokoh tersebut yang telah divisualkan =)

Kemudian disiapkanlah nama termasuk elemen awal visual.

Posting pertama Kepak Garuda sendiri dilakukan pada 09 April 2009, dengan gambar Tim Nasional Indonesia. Disusul pada 24 Mei 2009 di-posting Garuda 01, Kepak Garuda 01, Mohammad Hatta. Dan berturut-turut Iwan Fals, Riri Riza & Mira Lesman, Hoegeng Imam Santoso, Warkop – Dono Kasino Indro, Garuda 02, Baharuddin Lopa, Gus Dur. Setelah 11 karya tersebut naik tayang, maka pada 17 Agustus 2009 dirilislah secara resmi Kepak Garuda lewat beberapa media.

Lalu pertanyaan kedua tadi, “Ikut-ikutan Indonesia Unite gitu ya?” Indonesia Unite yang terlahir pasca bom di hotel JW Marriott dan Ritz Carlton, 17 Juli 2009.

Ah kami rasa itu bukan sebuah substansi, karena Indonesia butuh “gerakan” semisal ini jauh lebih banyak lagi, dan bersama-sama saling menuju arah yang sama, yaitu: Indonesia yang jauh lebih baik!

* * *


34 comments

  1. Semangat Garuda juga mngispirasi saya dan temen2 utk membuat suatu gagasan untuk karya2 orang2 Indonesia yg original. semoga nantix klo cita2 kmi juga terlahirkan, kepak garuda bisa menjdi sahabat. Good job !

  2. Semangat Garuda juga mngispirasi saya dan temen2 utk membuat suatu gagasan untuk karya2 orang2 Indonesia yg original. semoga nantix klo cita2 kmi juga terlahirkan, kepak garuda bisa menjdi sahabat. Good job !
    +1

  3. hebat deh… kreatif banget pemerkasa kepak garuda ini… Semangat terus yah…
    Salam Kepak Garuda!!

  4. salam kepak garuda.

    Mas, saya dari daerah purwakarta,jawa barat.
    Apakah boleh saya membuat grup/komunitas menggunakan kepak garuda dengan filosofi ‘anak negeri anti anarki’,komunitas ini sekaligus sebagai wahana para penggemar/fans Iwan Fals,dengan diadakannya komunitas ini agar anggota kami dan publik terinspirasi untuk memahami pesan moral yang disampaikan Iwan Fals melalui lagu-lagunya.

    Mohon penjelasanya.

  5. Alhamdulillah.. tidak sedikit ternyata yang masih Bangga dan Cinta Indonesia dan berkarya untuk sesama apa adanya (tanpa ada apanya). Salam Oi dan salam PLUR untuk semuanya.

  6. hidup Indonesia..salam garuda…dengan banyak sayap yg terbntang diselruh penjuru angin…dngan semangat kesatuan yg utuh membangun,menebarkan kecintaan terhadap bangsa dan tanah air indonesia..Garuda akan tetap jaya dinusantara…

    Btw…boleh ga ya wallpaper nya saya dipakai untuk kaos…thks

    salutt tuk KEPAK GARUDA..

  7. wah bagus ini…., g’ sengaja ketemu situs ini lagi nyari inspirsai buat design wallpaper baru eh nemu situs kepak garuda. mudah2 an kepak garuda makin jaya……..!!!!!!

  8. Masih banyak tokoh inspiratif yg belum tergambar Om. Masih ada Soe Hok Gie, Ki Hadjar Dewantara, beberapa pebulutangkis seperti Rudy Hartono, Liem Swie King, dan tentu saja Taufik Hidayat :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s