Tino Sidin

tinosidin

Minggu sore setelah mandi, dengan bedak putih yang tak rata di wajah, siap duduk di depan tv, tak ada saluran lain selain TVRI. Buku gambar siap di atas lantai, lengkap dengan pensil dan penghapus biru merah. Entah berapa juta anak telah melakukan ritual yang sama seperti itu di era 80-an dahulu. Sebuah ritual yang turut menginspirasi sekian juta anak untuk memilih profesi sebagai pekerja visual.

Sebuah ritual bertajuk Gemar Menggambar yang dipimpin oleh satu sosok sederhana dengan topi baret hitam khasnya, berkacamata hitam besar serta senyum ramah yang selalu menghias — Pak Tino Sidin. Sosok yang lahir di Tebingtinggi, Sumatera Utara, 25 November 1925 ini memiliki cara sederhana, mudah dan tegas dalam memvisualkan bentuk demi bentuk, modal utamanya “garis lurus” dan “garis lengkung”. Cara sederhana itulah yang telah menghipnotis sekian juta anak untuk tekun memperhatikan hingga acara itu berakhir, dan membuat mereka menjadi menyukai aktivitas menggambar.

Pak Tino Sidin, meninggal dunia pada 29 Desember 1995, meninggalkan satu kenangan mendalam, bukan hanya inspirasi yang telah ia berikan lewat acara yang diasuhnya namun juga lengkap dengan sebuah kata pendek yang sarat makna. Sebuah kata yang selalu ia hadiahkan untuk siapapun yang telah mengirimkan gambar ke acara Gemar Menggambar, “BAGUS!”. Sebuah kata pendek sebagai sebuah bentuk apresiasi bagi tiap karya yang dinilainya.

Untuk sejumput nostalgia, ambil gambar terbaik anda, lalu letakkan di bidang putih wallpaper Pak Tino Sidin yang dapat di-download di bagian bawah tulisan ini. Gabungkan dengan software olah gambar digital. Letakkan di desktop monitor komputer anda, dan pujian Pak Tino akan senantiasa menemani hari-hari kita.

Klik link di bawah ini untuk mendapatkan wallpaper yang sesuai dengan monitor anda:

- – – -

Concept & Text by Danu Widhyatmoko
Image by Tytton Sishertanto

- – -

Bila anda setuju dengan program ini, bantu kami untuk mengkomunikasikan keberadaan blog ini (http://kepakgaruda.wordpress.com) kepada rekan/keluarga/mitra anda. Dan jangan lupa untuk meninggalkan sepatah dua patah kata pada bagian bawah tulisan ini sebagai bentuk apresiasi anda terhadap langkah kecil ini.

Terima Kasih

About these ads

45 comments

  1. saya adalah salah satu dari berjuta anak indonesia yang mengaguminya dan akhirnya saya berkecimplung di dunia menggambar hingga akhirnya menjadi seorang desainer…..

    terimakasih pak tino sidin…!!!

  2. Seharusnya Pak Tino mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, karena beliau banyak menginspirasi anak-anak bangsa untuk menjadi para kreator.

    terima kasih Pak Tino Sidin, namamu abadi dalam hati dan pikiranku

  3. Wow.. Beliau adalah salah satu tokoh inspiratif buat saya. Walau pun aku sekarang gak bekerja di bidang seni. Tapi saya gak akan pernah berhenti menggambar!! :)

  4. keren mas..

    ijin donload yah..
    kayanya sekarang udah gak ada acara semisal, buat pendidikan anak anak indonesia.
    dulu waktu TPI masih televisi pendidikan, masih ada tuh pendidikannya. sekarang acaranya dangdut melulu..

  5. Aihhhh jadi keinget jaman dulu waktu tipi saya masih item putih…trus di umpetin di bawah kolong kalo ada razia pajak pertelepisian…kwakakakaak…..memory terindah tuh jaman susah…Pak tino pak tino…trus paling suka kata-kata pak tino:
    “yah…ini gambar berikutnya…baguss…yang ini, bagus…ini juga bagus…”

    semua bagussss!! hehehe

  6. salam kenal semuanya….
    memang! dengan beliau, negeri ini mencari inspirasi sebagai idola yang menuntut kita untuk terus berusaha mencapai tujuan ahkir. Beliau wajib di idolakan, guru besar seperti affandi yang menggoreskan tintanya demi bangsa, pelukis besarpun pengaruh sangat besar terhadap seni rupa indonesia. Kita bisa menjadikan tombak pemacu semangat juang dalam bidang kita sendiri2. Dengan beliau kita bisa mengerti kreatif…..dengan kreatif, kita semua menjadikan tanah air ini berarti dimata dunia.

  7. Pak Tino Sidin…my childhood hero. Salah satu orang yang menjadi alasan saya bercita-cita ingin jadi ilustrator :)

    thank you for making this wallpaper….thank you so much…

  8. Beliau salah satu contoh konkret dalam membangun bangsa dan menjadi kenangan masa kecil yg indah bagi jutaan rakyat indonesia….

  9. “Minggu sore setelah mandi, dengan bedak putih yang tak rata di wajah, siap duduk di depan tv, tak ada saluran lain selain TVRI. Buku gambar siap di atas lantai, lengkap dengan pensil dan penghapus biru merah.”

    hahha, gila pas banget deskripsinya!, persis saya juga kaya gitu waktu masih sd klas 1
    jadi terharu, salute buat kepak garuda, sebuah kumpulan orang2 brilian yang mempunyai nasionalisme tinggi, semoga sukses selalu kawan2

  10. P’ Tino Sidin dgn ‘bagoesnya’, mempengaruhi jalan hidup saya sehingga saya memutuskan jadi designer :) saya terharu dgn blog ini dan teringat berharap untuk meneruskan semangat p’Tino Sidin, apakah ada data untuk keluarga p’Tino Sidin ato yayasan dsb nya, sy terdorong untuk menghubungi untuk coba satu usaha untuk meneruskan nilai2 dan semangat p’Tino Sidin.. thx untuk blog ini ‘Bagoes!’

  11. yang saya ingat sama pak Tino Sidin tuh topi & kaca matanya…
    dulu saya kalau beli krayon, nggak mau kalau bukan krayon yang bergambar pak Tino Sidin di belakang bungkusnya :D
    saya juga mau ijin download & copy di blog saya :D
    terima kasih..

  12. saya mohon izin sedikit modifikasi Wallpaper Pak Tino… sekedar iseng aja dan saya bikin jadi profile picture di Facebook.. namun link copy right kepak garuda tetap saya sertakan… kalo diizinkan akan saya pakai terus. trima kasih

  13. hiks..hiks.. jadi inget waktu SD dulu, rajin corat coret di buku gambar gara2 mo bikin gambar kaya pak Tino Sidin, walaupun hasilnya ga jelas jadi gambar apaan, terima kasih mas Widh for my childhood memory, BAGUS ..

  14. salah satu icon tvri yang ga akan dilupakan :). sebuah tribut yang oke. thanks buat sharingnya yah :D

  15. terima kasih kepak garuda…
    saya hampir menitikkan air mata buat kata-kata yang begitu tepat menggambarkan pak tino sidin, ini merupakan satu-satunya wallpaper kepak garuda yang bergambar tokoh yang saya download dan saya jadikan wallpaper di laptop saya…

    meski saya tidak bisa menggambar wallpaper ini saya gunakan untuk menampilkan hasil karya anak saya yang masih tk ;o)

    terima kasih

    • terima kasih untuk apresiasinya :)

      > ini merupakan satu-satunya wallpaper kepak garuda
      > yang bergambar tokoh yang saya download

      nggak apa-apa cuma satu yang didownload + digunakan, asal wallpaper yang lain turut disebarluaskan :)

      salam,
      /danu.widhyatmoko

  16. Pak Tino Sidin adalah salah satu motivator hebat untuk anak-anak Indonesia supaya terus berkreasi tanpa rasa takut…..(sambil melirik tembok ruang keluarga dan kamar kami yang penuh dengan coretan dua putera, puteri kami tercinta)

  17. kalo sekarang motivator utk org dewasa pake bahasa yang kudu lamaaaaaa dipahami baru bisa manggut2…..klo dulu beliau motivator anak2 sebab pengirim gambar jadi gak kecil ati utk terus menggambar, paling inget kalo pas Hari ibu, hari pendidikan, 17 agustus ..pasti gambar nya sesuai tema. Ada gak ya TV Indonesia sekarang yg mikirn anak Indonesia dan dunia nya, jangan cuma utk konsumsi org dewasa…atau anak2 yg dipaksa dewasa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s