Iwan Fals

iwanfals

Dewa dari Leuwianggung, julukan baru yang disematkan kepada seorang Iwan Fals. Seorang “dewa” yang memilih menyepi dari keramaian dan memusatkan energi kreatifnya dari pinggir kota Jakarta. Bicara Iwan Fals yang menarik adalah lagu-lagu yang ia ciptakan di awal tahun 80′an itu masih tetap update untuk dibawakan saat ini. Lagu-lagu yang telah berusia 20 tahunan lebih! Berusia hampir tiga dasawarsa!

“Bangunlah Putra-putri Pertiwi” [Album Sarjana Muda, 1980] sebuah lagu dengan lirik yang teramat cerdas…

… setelah itu kita berjanji,
tadi pagi, esok hari atau lusa nanti
Garuda bukan burung perkutut,
sang saka bukan sandang pembalut.
Dan coba kau dengarkan,
Pancasila itu bukanlah rumus kode buntut,
yang hanya berisi harapan,
yang hanya berisi khayalan…

Juga lirik sinis di lagu “Jangan Bicara” [Album Barang Antik 1984], lagu yang ia tulis meluapkan rasa apatis dirinya atas negeri ini…

Jangan bicara soal idealisme.
Mari bicara berapa banyak uang di kantong kita
atau berapa dasyatnya ancaman yang membuat kita terpaksa onani.
Jangan bicara soal nasionalisme.
Mari bicara tentang kita yang lupa warna bendera sendiri
atau tentang kita yang buta,
bisul tumbuh subur di hidung yang memang tak mancung
Jangan bicara soal runtuhnya moral.
Mari bicara tentang harga diri yang tak ada arti,
atau tentang tanggung jawab yang kini dianggap sepi…

Dan yang lebih membuat meringis adalah saat lagu “Tikus-tikus Kantor” [Album Ethiopia 1986] dibawakan…

Kucing-kucing yang kerjanya molor.
Tak ingat tikus kantor datang men-teror.
Cerdik licik tikus bertingkah tengik.
Mungkin karena si kucing pura2 mendelik.
Tikus tau sang kucing lapar.
Kasih roti jalanpun lancar.
Memang sial sang tikus teramat pintar,
atau mungkin si kucing yang kurang ditatar!

“Surat buat Wakil Rakyat” [Album Wakil Rakyat 1987], lagu yang dirilis persis saat Pemilu 1987 dulu!
Lagu yang bercerita tentang harapan kepada para Wakil Rakyat untuk lebih merakyat, supaya nggak tidur bila sedang sidang soal rakyat!

Yap… semua lirik itu masih update dan layak untuk dibawakan saat ini! Apa memang Iwan yang teramat hebat hingga menciptakan lagu yang tembus dasawarsa, tak lekang oleh waktu dan zaman. Di satu sisi mungkin memang “iya” jawabnya! Namun di sisi yang lain, betapa sedihnya bangsa ini yang tak beranjak untuk bergerak sekian waktu lamanya. Tetap dengan masalah yang sama, jalan di tempat! Atau bahkan bergerak mundur semakin ke belakang!

Saya yakin Iwan pun begitu bersedih dan kecewa, tak ada perubahan dari negeri yang sakit ini. Karena itu, nggak ada salahnya kita sama-sama berniat dan mencoba supaya Sang Dewa dari Leuwinanggung ini tak lagi update saat menyanyikan lagu-lagu lamanya itu! Apapun cara yang kita tempuh dan pilih asal tak ada pihak yang terugikan dan berada di jalur yang benar…

Dan sepertinya pas sekali tulisan ini ditutup dengan sepenggal lirik lagu “Sumbang” [Album Sumbang 1983]…

Lusuhnya kain bendera di halaman rumah kita,
bukan satu alasan untuk kita tinggalkan…

Klik link di bawah ini untuk mendapatkan wallpaper yang sesuai dengan monitor anda:

- – – -

Concept by Danu Widhyatmoko
Image by Tytton Sishertanto
Text by Danu Widhyatmoko

- – -

Bila anda setuju dengan program ini, bantu kami untuk mengkomunikasikan keberadaan blog ini (http://kepakgaruda.wordpress.com) kepada rekan/keluarga/mitra anda. Dan jangan lupa untuk meninggalkan sepatah dua patah kata pada bagian bawah tulisan ini sebagai bentuk apresiasi anda terhadap langkah kecil ini.

Terima Kasih

About these ads

59 comments

  1. Terimakasih mas, atas wallpapernya. Mohon maaf aku sudah downlod sebelum mengucapkan terimakasih. Saking gembiranya ada wallpaper2 bagus seperti ini. Kudoakan supaya tetap sehat dan sukses selalu. Amin.

    • Pasti dong! =) … Sedang masuk dapur tahap sketsa, tetap mampir ke sini dan bersiap untuk segera mengkoleksinya, karena untuk saya wallpaper Slank ini bakal menjadi salah satu favorit =)

      /danu.widhyatmoko

  2. Menurut saya sudah bagus … semua yang sukses n berhasil selalu dimulai dengan langkah2 kecil sampai dengan tujuan akhir apa yang akan dicapai GBU

  3. wah wallpaper yang bagus…keren abiz nih, terimakasih ya udah di bagi2 secara cuma…salut dech udah nampilin karya2 yg ok…moga sukses selalu.

  4. terima kasih pak danu dan kak tyton…karyanya sangat menginspirasi menumbuhkan kecintaan negeri
    ditunggu wallpaper selanjutnya..

    SAYA SELALU BANGGA MENJADI ORANG INDONESIA.

  5. salut atas blog yang hebat ini…juga pemilihan atas tokoh yang menjaga semangat nasionalisme bangsa…harapan saya pula, di masa datang semoga akan muncul iwan-iwan yang lain..yang memberikan ‘kesaksian’ lewat lagu..

    Salut Kepak Garuda !!

  6. alhamdulillah ada danu dan tytton yang bisa membela negeri ini, semoga makin banyak manusia2 Indonesia seperti kalian, amiin

  7. Sekali lagi karya anda emang TOP..
    ada rencana buat sketsanya Jendral Sudirman mas??
    Tapi apapun karya selanjutnya nanti,saya yakin hasil yang patut dihargai..

  8. Sory,ini masukkan aja..
    kalau bisa latarnya jangan dominasi warna merah semua..
    Sekali-sekali diganti biru,putih…

    Salam,
    Kurnia

    • Mas Kurnia,
      terima kasih untuk masukannya. Untuk sementara sepertinya kami masih memilih warna merah dulu, mas. Entah, mungkin ini perasaan kami saja, masih tetap “merinding” tiap melihat tiap visual yang ada dalam dominasi warna merah, seperti ada energi yang tersalurkan di visual tersebut. Nggak kebayang apabila karya-karya ini nantinya sempat dipamerkan secara online dalam ukuran-ukuran raksasa, semoga.

      Warna putih mungkin pilihan selanjutnya, namun sampai saat ini kami belum mendapatkan tokoh yang klop untuk bersanding dengan warna putih tersebut.

      Sekali lagi terima kasih =)
      /danu.widhyatmoko

  9. Salut & Terus Mendukung Buat Kepak Garuda..
    Makin Menumbuhkan Rasa Cinta Negara & Membangkitkan Kekuatan NKRI…
    Ijin Donlot dan nyebarin webblognya ya…

  10. Waaah terima kasih pak, cara yang sangat cerdas untuk menginspirasi dan menumbuhkan nasionalisme bangsa, Bravo bravo.

    Saya super salut untuk semua tokoh2 besar yang divisualisasikan disini, terutama Almarhum Hoegeng dan Bang Iwan Fals.

    Ditunggu wallpaper Slank-nya pak, tp yg formasi jadul.. hehe :)

    Salam Semangat

  11. mantap gan,.. Iwan fals,..

    boleh request pramodeya anata toer,..
    so hok gie,..

    presiden soeharto…

    munir,..

    BJ habibie,..

    nice konsep deh pakk

  12. mantap bung,..
    sebelumnya terima kasih wall papernya,.
    n mari kita generasi muda bangsa lebih semangat lagi singkirkan kutu kutu yang ada di bulu sang garuda

  13. benar tuh iwan fals memang pantas dijadikan slh stu icon kepak garuda…karena kesedarhanaan baik lagu dan dirinya yang menjadikan inspirasi bagi segenap orang imdonesia (bersatulah)…iwan fals adalah perbedaan dimana ia berani menjunjung kaum marjinal yg tersingkirkan dalam lagu3nya (tdklah byk musisi spt iwan fals yg bertahan sampai sekarang), maka tidaklah salah jk ia dijuluki PAHLAWAN BESAR DARI ASIA (versi majalh time)…

    selain itu soekarno jg jg srg nasionalis sejati (dan ia yang mengembor3kan itu) yg disegani di dunia pada masa pemerintahannya, bahkan angkatan perang indonesia pada wkt itu (khususnya angkatan udara dan laut) merupakan macannya asia tenggara dan salah satu raksasa asia…tpi kok tidak ada yaaa profilnya…

  14. maap mz,udh trlanjur downloan,lum mnta ijin,tp mkch bget bwt sketsany bgus2 bget,bs bwt inspirasi tuh…
    p lg background merahnya tu,nasionalis bgt…
    ttp smangat,ttp berkarya,siapa tokoh indonesia selanjtny yg di’garap’ oleh tim kepak garuda???

  15. “epic!”,
    satu kata yang gw pikirin saat ngelihat poster ini. ilustrasi dibelakangnya mas, keren banget!

  16. Iwan Fals bukan sekadar musisi, dia adalah pencatat dan perekam sepenggal perjalanan negeri ini. Reformasi 1998 tidak lepas dari semangat dan idealisme karya-karyanya bertahun-tahun sebelumnya. Iwan juga martir bagi kebebasan bereskpresi, berkali-kali dia jadi korban kekuasaan tirani.

  17. salut buat Oi… ^_^ dulu pas dengerin lagu iwan fals rada-rada gk suka … terus kesininya eh malah kangen sendiri.. liriknya yg gk dibuat buat nyerminin iwan fals banget dengan gaya santai sederhana namun tetep dingin dan elegan samma gitarnya itu lho. namun sekarang iwan fals udaha jarang buat lagu yang ngeritik pemeritahan .. lebih banyak soal cinta…

  18. FALSISME ADALAH AJARAN JUJUR TENTANG HATI NURANI…. KATAKAN YG SALAH ITU SALAH… DAN YG BENAR ITU BENAR….

    HIO….!!!!!

    FALSISME BUKAN AJARAN TAPI ANJURAN….!!!!

    Oi…!

  19. alhmdlh ada yg bisa memotivasi kami anak2 muda agar lebih bergerak, walaupun hanya sebuah wallpaper tp ini adalah suatu kemajuan dr pola pikir kita anak bangsa, Thx Min, semoga tuhan menyertai semangat kita.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s